Info Terbaru 2022

Prinsip-Prinsip Penyusunan Rpp Kurikulum 2013

Prinsip-Prinsip Penyusunan Rpp Kurikulum 2013
Prinsip-Prinsip Penyusunan Rpp Kurikulum 2013
Pada artikel sebelumnya kita mempelajari perihal Komponen RPP maka sekarang  ini yang akan kita bahas yaitu prinsip-prinsip yang ada didalam menyebarkan atau penyusunan RPP, silahkan baca di bawah ini:
  1. RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan menurut silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  2. RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan baik kemampuan awal siswa, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
  3. Mendorong partisipasi aktif siswa.
  4. Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan siswa sebagai insan yang berdikari dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada siswa untuk menyebarkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan berguru dan kebiasaan belajar.
-->



  • Mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung.
  • Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk tulisan.
  • Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
  • RPP memuat rancangan kegiatan pinjaman umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi. Pemberian pembelajaran remedi dilakukan setiap ketika sesudah suatu ulangan atau ujian dilakukan, akhirnya dianalisis, dan kelemahan setiap siswa sanggup teridentifikasi. Pemberian pembelajaran diberikan sesuai dengan kelemahan siswa.
  • Keterkaitan dan keterpaduan.
  • RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk perilaku dan keterampilan, dan keragaman budaya.
  • Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
  • RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
  •  Setelah mengetahui apa saja prinsip-prinsip dalam penyusunan RPP, maka tibalah ketika yang penting di artikel berikutknya kita membahas bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan serta diketahui dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 ini.
    Advertisement

    Iklan Sidebar

    Adsense 728x90