Info Terbaru 2022

Penjelasan Pengertian Dan Komponen Rpp Kurikulum 2013

Penjelasan Pengertian Dan Komponen Rpp Kurikulum 2013
Penjelasan Pengertian Dan Komponen Rpp Kurikulum 2013
Hai sahabat operator sekolah, Sebenarnya RPP itu apa? Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu rencana aktivitas pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis semoga pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun menurut KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Komponen apa saja yang ada di RPP ? berikut ini yaitu Komponen RPP terdiri atas:
  1. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/semester;
  4. Materi pokok;
  5. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan  beban  belajar  dengan  mempertimbangkan jumlah  jam  pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;        
  6. Kompetensi Inti (KI), merupakan citra secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari siswa untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan matapelajaran;    
  7. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
    • Kompetensi  Dasar;  merupakan  kemampuan  spesifik yang mencakup  sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran;
    • Indikator pencapaian merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan sikap yang sanggup diukur yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
    • Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, satuan pendidikan, dan potensi daerah. Indikator dipakai sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. Dalam merumuskan indikator perlu memperhatikan beberapa hal: a). Keseluruhan indikator memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang dalam kata kerja yang dipakai dalam KI-KD. b). Indikator dimulai dari tingkatan berpikir gampang ke sukar, sederhana ke kompleks, bersahabat ke jauh, dan dari konkrit ke abnormal (bukan sebaliknya). c). Indikator harus mencapai tingkat kompetensi minimal KD dan sanggup dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan siswa. d) Indikator harus sanggup memakai kata kerja operasional yang sesuai.
  8. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang dapat    diamati    dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;                
  9. Materi pembelajaran yaitu rincian dari materi pokok yang memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan        ditulis    dalam    bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator    ketercapaian kompetensi;    
  10. Metode pembelajaran merupakan rincian dari aktivitas pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan    suasana  belajar    dan  proses  pembelajaran semoga penerima didik mencapai KD yang disesuaikan    dengan karakteristik penerima didik dan KD yang akan dicapai;    
  11. Media, alat, dan, sumber pembelajaran    
    • Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan materi pelajaran;
    • Alat pembelajaran yaitu alat bantu pembelajaran; yaitu alat bantu pembelajaran yang memudahkan memperlihatkan pengertian kepada siswa.
    • Sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, mencakup:
    • Pertemuan pertama, berisi pendahuluan; aktivitas Inti, dan penutup.
    • Pertemuan kedua, berisi pendahuluan, aktivitas inti, dan penutup.
  13. Penilaian
    • Berisi jenis/teknik penilaian;
    • Bentuk instrumen
    • Pedoman perskoran

Setelah mengetahui beberapa komponen yang ada pada RPP Kurikulum 2013 di atas, maka kini kita akan melanjutkan ke pembahasan mengenai Prinsip-prinsip Penyusunan RPP.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90