Info Terbaru 2022

Teknis Penyusunan Rpp Kurikulum 2013 - Latar Belakang Kurikulum 2013

Teknis Penyusunan Rpp Kurikulum 2013 - Latar Belakang Kurikulum 2013
Teknis Penyusunan Rpp Kurikulum 2013 - Latar Belakang Kurikulum 2013
Sebelum ke pokok pembahasan mengenai Teknis Penyusunan RPP Kurikulum 2013 alangkah baiknya kita mengetahui seawal mungkin, perihal apa bekerjsama yang melatar belakangi Kurikulum 2013 ini?

Inilah Latar Belakang Kurikulum 2013

Mulai tahun pelajaran 2013/2014, Pemerintah telah memberlakukan kurikulum gres yang disebut dengan Kurikulum 2013. Implementasi kurikulum tersebut diatur dalam Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013. Keberhasilan implementasi Kurikulum 2013 SD dalam acara pembelajaran di kelas-kelas sekolah dasar sesuai yang dibutuhkan pemerintah dan masyarakat sangat ditentukan oleh pemahaman para pemangku kepentingan, utamanya guru. Guru SD harus mempunyai pemahaman, kesadaran, kemampuan, kreativitas, kesabaran dan keuletan. Beberapa faktor contohnya kondisi geografis, jumlah sekolah dasar, jumlah guru Indonesia yang sangat besar menyisakan duduk perkara dalam menawarkan sosialisasi dan pembinaan dan pendampingan pada pemahaman kurikulum secara utuh. Lampiran IV Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 mengamanatkan bahwa Direktorat Pembinaan SD sebagai Direktorat Teknis untuk menyusun panduan teknis sebagai petunjuk petunjuk teknis operasional pedoman umum pembelajaran yang memuat kerangka konseptual dan operasional taktik pembelajaran dan evaluasi hasil belajar.

Kurikulum 2013 SD melakukan pembelajaran Tematik Terpadu dan prosesnya dengan pendekatan saintifik. Penerapan pembelajaran Tematik Terpadu dengan pendekatan saintifik membawa implikasi perubahan dalam pembelajaran di SD. Perubahan itu mengakibatkan perubahan buku siswa, buku guru, sistem penilaian, pelaksanaan jadwal remedial dan pengayaan, dan sebagainya. Agar semua pemangku kepentingan pendidikan dasar mempunyai persepsi yang sama dalam pelaksanakan Kurikulum 2013 SD, maka dibutuhkan adanya pedoman pelaksanaan pembelajaran yang bersifat teknis.

Halaman Berikutnya : Landasan Filosofis Kurikulum 2013
Hlaman Sebelumnya : Pembukaan Teknis RPP Penyusunan Kurikulum 2013

Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90